MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS

MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS - Hallo sahabat Masakan Enak Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Nutrisi, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS
link : MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS

Baca juga


MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS


KHASIAT DAN MANFAAT KULIT MANGGIS BAGI KESEHATAN
Buah manggis (garcinia mangonstana) terkenal kaya akan kandungan senyawa Xanthon. sekitar 50 dari 200 jenis xanthone tersebar mulai dari kulit buah dan biji, kulit batang, daun dan sebagian kecil terdapat pada daging buah manggis. Pada kulit manggis terdapat kadar xanthone yang sangat tinggi, setiap 1 ml bisa mencapai 123,97 mg.

Xanthone adalah senyawa yang berperan aktif dalam tubuh kita sebagai zat alami yang sangat bermanfaat dan berkhasiat untuk kesehatan karena bersifat antioksidan, antikanker, antialergi, antiradang, antiviral, antifungal dan juga antibakterial. Oleh karenanya buah manggis dijuluki Queen of The Tropic Fruits atau Ratu Buah Tropis dan sangat dianjurkan dikonsumsi rutin untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan sel sehingga proses degenerasi sel terhambat.

Dalam pemanfaatannya, kulit manggis telah banyak dikonsumsi sebagai obat suatu penyakit maupun dikonsumsi rutin sebagai pencegahan. Cara pengolahan untuk memperoleh khasiat kulit manggis dapat dilakukan dengan cara sederhana atau tradisional dan selain itu juga telah banyak beredar kapsul ekstrak dan jus kulit manggis sebagai upaya memaksimalkan pemanfaatan dari kandungan buah ini serta agar manfaat kulit manggis dapat dengan mudah dikonsumsi dalam wilayah yang lebih luas. Produk-produk ini dibuat dengan mengekstrak kandungan antioksidan serta nutrisi alami dari kulit manggis lalu dibuat menjadi kapsul dan pil yang mudah disimpan dan dikonsumsi. Selain itu, kulit manggis diolah menjadi minuman cair bersama buah manggis, apel, madu serta bunga rosela untuk menambah rasa dan khasiatnya sehingga juga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak. Produk kulit manggis juga ditemukan dalam produk kecantikan seperti sabun dan krim kulit.

Beberapa manfaat dan khasiat dari kulit buah manggis adalah sebagai berikut :
  1. Antioksidan berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat mencegah penyakit jantung dan kanker, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan atau awet muda.
  2. Sifat Antiproliferasi dan sifat apoptosis yang sangat bermanfaat mencegah kanker dan dapat menghancurkan sel-sel kanker di dalam tubuh. 
  3. Zat antioksidan dan antimikroba dari kulit buah ini sangat bermanfaat dalam hal menetralkan asam lambung, membunuh kuman penyakit dan bakteri-bakteri yang merugikan sehingga sistem pencernaan tetap lancar.
  4. Berperan penting dalam penyerapan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu menjaga stamina tubuh tetap fit karena dapat meningkatkan stamina.
  5. Kulit manggis juga barmanfaat untuk para lelaki dalam menjaga dan memoerbaiki kualitas sperma dalam tubuh dan dapat mencegah pembesaran prostat.
  6. Pakar-pakar kesehatan di Amerika menyebutkan bahwa kulit manggis juga bermanfaat untuk kesehatan gigi, gusi, mata, kulit dan rambut.


Demikianlah Artikel MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS

Sekianlah artikel MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MANFAAT DAN KHASIAT KULIT BUAH MANGGIS dengan alamat link http://masakan-indonesia-enak.blogspot.com/2013/03/manfaat-dan-khasiat-kulit-buah-manggis_2.html